Saturday, March 4, 2017

Cara Membuka Posisi Hedging Atau Locking Pada Posisi Trading

Hallo sobat traders! Masih semangat trading kan? Masih nungguin updatean dari aku kan hehee.. tenang-tenaang, gak usah ribut yaa wkwk.. Kemarin saya telah membahas mengenaj teknik hedging atau locking, apabila Anda baru pertama kali membaca artikel ini dan ingin mengetahui apa itu hedging atau locking silahkah klik dibawah ini

Sesuai janji saya kemarin, saya akan membahas mengenai cara membuka transaksi locking untuk latihan soalnya saya masih tetap menggunakan lanjutan soal Anton yang kemarin yaa.
Oh iya, perlu Anda ketahui, bahwa hedging atau locking terjadi ketika jumlah lot antara buy dengan sell sama. Semisal nih, si A melakukan transaksi EUR/USFD 2 open  buy dan 2 open sell maka akan ada 2 posisi locking. 

Namun apabila si A melakukan transaksi 1 open sell dan 2 open buy maka ada 1 posisi kuncian dan 1 posisi hole, begitu seterusnya. Okey, back to topics yaa.. Saya refresh kembali latihan soal Anton kemarin.  Anton melakukan transaksi XAU/USD open sell 1 lot di harga 1217.00, kemudian melakukan open buy 1 lot di level harga 1222.00.

Permasalahan selanjutnya ialah setelah melakukan locking. Bagaimana cara membukanya? Supaya mendapatkan profit atau paling tidak impas. Ketika melakukan locking atau hedging ada 2 pilihan yang dapat kita lakukan agar locking mendapatkan profit.

1. Melikuidasi Posisi Profit Dan Mengimpaskan Posisi Loss

Dapat dilakukan ketika kondisi market sedang jenuh dan siap untuk balik arah.
Dari contoh Anton diatas. Sell di harga 1217.00 dan buy 1222.00. Apabila market naik ke level 1225.00 Anton dapat melikuidasi open buy nya maka ia akan profit 3.00 poin, lalu bagaimana posisi sell nya? Kenapa tidak dilikuidasi sekalian? Tenaang, karena market sedang jenuh dan kungkinan untuk berbalik arah, maka Anton dapat menunggu hingga harga mencapai 1220.00. Apabila Anton melikuidasi di harga 1220.00 maka ia akan impas, karena posisi likuidasi yang pertama profit 3.00 dan likuidasi yang kedua loss 3.00 poin, apabila Anton menginginkan profit maka tunggu kira-kira 1219.00 itu berarti Anton loss 2.00 poin dan profit 3.00 poin. Maka profit bersih dari cara locking an Anton mendapatkan profit bersih 1.00 poin.

2. Melikuidasi Posisi Loss Dan Mengembangkan Posisi Profit

Ini dapat dilakukan ketika market sedang breakout. Dari contoh Anton di atas misalnya pada level 1224.00 market mengalami breakout, maka tutup saja posisi sell yang berarti Anton rugi sebesar 7.00 poin dan tunggu posisi buy tetap pada posisinya, karena ketika market mengalami breakout akan membuat garis panjang . Apabila market akan terus naik misalnya di level harga 1230.00 maka posisi buy yang terbuka kini dapat di likuidasi, sehingga akan mendapatkan profit sebesar 8.00, itu berarti Anton mendapatkan keuntungan bersih 1.00 yakni dari likuidasi kedua yang profit 8.00 poin dan likuidasi yang pertama yang loss sebesar 7.00 poin.

Perlu Anda ketahui! Bahwa salah satu syarat setelah membuka locking agar supaya hasilnya profit atau impas ialah jumlah loss yang terkunci (hatga antara open sell dengan open buy) tidak tetlalu besar, biasanya dibawah 40 pips, katena dikhawatirkan apabila jumlah loss yang terkunci lebih dari itu (seperti contoh diatas) kemungkinan ketidaksabaran Anda saat menynggu akan merusak rencana pembukaan locking tersebut.

Apabila Anda mengalami kondisi seperti di atas. Maka teknik dalam membuka locking ialah
  1. Lakukan piluhan pertama atau kedua sesuai kondisi yang ada
  2. Tunggu hingga kondisi market jenuh atau muncul breakout, untuk mengetahuinya Anda dapat menggunakan bolinger band untuk melihat kondisi breakout, dan indikator stochastic oscillator atau MACD untuk melihat kejenuhan.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengenai cata membuka posisi hedging atau locking walaupun belum secara detail gambaran untuk membuka posisi locking dan agar hasilnya profit.

Salam profit!
Simak juga


EmoticonEmoticon